5 Industri yang Banyak Memanfaatkan Virtual Reality (VR)

Virtual Reality (VR) merupakan salah satu bentuk kecanggihan teknologi masa kini. Sebagian besar masyarakat mengetahui VR sebagai alat bantu berupa kaca mata yang digunakan untuk menonton film tiga dimensi di bioskop. 

Pengertian VR sendiri merupakan teknologi simulasi komputer untuk melihat keadaan lingkungan secara tiga dimensi sehingga penggunanya akan merasakan sensasi seakan-akan sedang berada dan berinteraksi di lingkungan tersebut. Kecanggihan VR dilihat dari kemampuannya untuk merangsang indera seseorang seperti merasakan sesuatu dari lingkungan tersebut. Namun VR murni merupakan dunia virtual yang dibuat sangat mirip dengan kenyataannya.

Dari pengertian VR tersebut, kecanggihan dari teknologi ini tidak hanya berguna untuk menonton film tiga dimensi saja, namun akhir-akhir ini para profesional sering menggunakannya untuk mendukung bisnis mereka. Dikutip dari situs Maxmanroe.com, berikut ini adalah beberapa industri yang nantinya akan banyak memanfaatkan program Virtual Reality:

  1. Industri Aksitektur
    Jika Anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang arsitektur atau sejenis penyedia jasa properti, maka teknologi VR bisa sangat membantu. VR bisa digunakan sebagai strategi promosi bisnis Anda kepada konsumen untuk menjelaskan bagaimana contoh bangunan yang akan Anda bangun. Karena biasanya bisnis properti dimulai dari sebidang tanah yang belum dibangun sehingga promosi umumnya akan digambarkan dalam bentuk dua dimensi.
    Dengan memanfaatkan kecanggihan dari VR bisa digunakan untuk menggambarkan bangunan yang akan dibangun secara tiga dimensi seperti yang dijelaskan pada pengertian VR sehingga dapat menambah daya tarik konsumen. Penggunaan VR untuk industri arsitektur memang saat ini sering digunakan karena diyakini dapat mengurangi biaya start-up yang dikeluarkan vendor karena meningkatkan peluang klien melakukan pembayar lunas di muka.
  2. Industri Game Online
    Jika Anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang layanan game online, maka teknologi VR bisa membantu mengembangkan bisnis Anda supaya lebih dikenal masyarakat. Tentu saja game online saat ini masih banyak digemari masyarakat terutama kaum muda, sehingga bisa dibilang bisnis ini cukup menjanjikan apalagi jika dilengkapi dengan fitur VR. Dengan menambah perangkat VR maka para gamers dapat bermain game secara nyata dan merasakan sensasi seperti pertarungan sesungguhnya.
  3. Industri Teknik dan Otomotif
    Teknologi VR juga dapat dimanfaatkan untuk bisnis yang bergerak di bidang teknik dan otomotif seperti salah satunya mendesain mobil atau kendaraan lainnya. Seperti pada perusahaan Ford yang menggunakan VR untuk membantu mendesain dan mengevaluasi mobil buatannya. Mobil-mobil yang akan dibuat, didesain terlebih dahulu dengan program VR. Dengan bantuan headset jenis Oculus Rift, para desainer mobil dapat memperhatikan perangkat mobil secara lebih detail.
  4. Bidang Ekonomi
    Di beberapa negara maju seperti di Oxford, London, mereka sudah memanfaatkan VR sebagai media promosi. Salah satu strategi promosi ini mungkin bisa ditiru oleh Anda yang memiliki bisnis penjualan produk. VR dapat digunakan untuk mendisplay produk secara virtual sehingga konsumen bisa mencoba beberapa produk sekaligus secara bergantian hanya dengan kamera pada VR.
  5. Industri Medis
    Terakhir, teknologi VR juga dapat dimanfaatkan pada bidang medis. VR membantu membuat simulasi untuk menggunakan peralatan-peralatan medis. Sehingga jika Anda bergerak di bidang penyedia peralatan medis, VR juga bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan bagaimana produk digunakan.
    Jadi dari pengertian VR sebagai alat bantu untuk melihat sesuatu menjadi seperti kenyataan, ternyata program ini juga bisa digunakan untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*